Kamis, 20 Maret 2014

Tips Mempercepat Android Tanpa Root




Perkembangan teknologi di dunia mobile memang sangat pesat dan sangat membantu banyak orang. Persaingan dalam penjualan gadget juga semakin ketat karena perusahaan gadget berusaha untuk memberikan yang terbaik untuk konsumennya. Android dan juga iOS adalah os dengan platform mobile yang sangat digandrungi oleh banyak orang di dunia. Namun belakangan ini Nokia juga mulai berpenetrasi dalam mengembangkan perangkat mobile berbasis Windows Phone.

Baru-baru ini Apple merilis iOS dengan versi yang terbaru untuk pengguna iPad, iPhone, dan perangkat mobile lainnya. Banyak sekali fitur yang ditambahkan oleh Apple di iOS versi 7.1 ini. Namun yang paling dirasakan pengguna perangkat ini adalah dengan semakin cepatnya tampilan animasi yang ada di iOS sehingga membuat pengguna merasakan bahwa ponselnya semakin cepat. Namun jika anda adalah pengguna ponsel android, anda juga bisa bersaing dengan pengguna iPhone dengan cara mempercepat android anda sendiri tanpa harus di root. Ponsel android memang memfasilitasi segudang animasi yang dapat anda kustomisasi sesuka anda sendiri sehingga animasi dan efek transisi di ponsel android anda akan semakin menarik.

Namun bagi pengguna yang mementingkan performa, tentunya mereka akan lebih memilih ponsel androidnya lebih cepat daripada harus memikirkan efek transisi yang lebih menarik namun membuat ponselnya terlihat lebih lemot. Lalu bagaimana cara mempercepat android tanpa harus root terlebih dahulu? Berikut caranya:

Pertama, anda harus masuk ke Developer Options. Jika OS android anda adalah Jelly Bean 4.2 atau sudah Kitkat, menu Developer Options masih tersembunyi di Settings ponsel sehingga kita harus menampilkannya terlebih dahulu. Caranya: masuk ke Settings > About Phone. Kemudian tekan 7 kali pada build number, maka Developer Option akan muncul di menu Settings android.


Pada menu Developer Options, anda bisa mengatur Window animation scale, Transition animation scale, dan animator duration scale. Sedikit penjelasan singkat tentang fitur ini, fitur tersebut merupakan waktu yang diperlukan untuk melakukan animasi. Semakin kecil angka skalanya, maka semakin cepat juga animasi yang berjalan di ponsel android anda. Jika anda ingin ponsel android anda terlihat semakin cepat, anda bisa mematikan ketiga fungsi tersebut.


Jika sudah, sekarang anda dapat menikmati performa ponsel android anda yang kian cepat dan tak tertandingi. Namun hal tersebut juga tergantung dari spesifikasi ponsel android anda sendiri.
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit