Kamis, 10 April 2014

Masalah Saat Menginstal Eclipse Dan Cara Mengatasinya



Jika anda ingin membuat aplikasi android maupun game android, anda akan membuatuhkan software IDE untuk menuliskan script yang dibuat dan sekaligus untuk emulatornya. Software yang paling tepat adalah Eclipse. Jika anda belum menginstalnya, silakan and abaca terlebih dahulu cara menginstal Eclipse sebelum membuat aplikasi android di postingan café it sebelumnya.


Nah, pada postingan yang ini Café It akan menjelaskan masalah yang terjadi saat anda menginstal Eclipse di computer. Oke, langsung saja ke masalah yang sering terjadi saat menginstal Eclipse di computer dan bagaimana cara mengatasinya.


Eclipse.exe tidak mau dibuka. Masalah ini memang masalah awal yang terjadi saat awal menjalankan Eclipse di computer anda. Bagaimana cara mengatasinya? Cara mengatasinya adalah dengan menginstal JRE atau JDK terlebih dahulu. Usahakan menginstal JDK ataupun JRE sesuai dengan OS anda (32 bit atau 64 bit). Jika sudah di install, ganti terlebih dahulu PATH yang ada di computer anda dengan mengunjungi postingan berikut ini: http://cafe-it.blogspot.com/2014/03/cara-menginstall-eclipse-untuk-membuat.html


Saat download Android SDK Tools, muncul pesan error. Biasanya pesan errornya adalah Failed to rename directory D:\android-sdk-windows\tools to D:\android-sdk-windows\temp\ToolPackage.old01. Error tersebut biasanya muncul saat kita menggunakan eclipse dan OS versi 64bit dan terdapat beberapa proses yang menguncinya seperti cmd.exe dan java.exe. Jika anda mengalami error tersebut, maka yang harus anda lakukan adalah copy atau duplicate folder \tools dan ganti namanya menjadi \tools1. Maka sekarang kita mempunyai 2 folder yaitu \tools dan \tools1. Buka folder \tools1 kemudian klik kanan pada android.bat dan pilih Run As Administrator. Sekarang buka Eclipse kembali, dan lakukan update Android SDK Tools.

Error setelah mengupdate Android SDK tools. Ini biasanya muncul saat anda selesai mengupdate android sdk tools. Eclipse akan mendeteksi bahwa Android SDK anda harus diperbarui ke versi yang terbaru. Namun saat anda klik Help > Check for updates, eclipse tidak bisa mengupdate package. Yang harus anda lakukan adalah dengan klik Help > Install New Software. Masukkan situs https://dl-ssl.google.com/android/eclipse/ dan tunggu hingga muncul 2 opsi. Centang pada Developer Tools dan klik Next, Install Developer Tools dan masalah tersebut akan teratasi.

Nah, itulah beberapa masalah yang sering muncul pada Eclipse saat awal dijalankan. Biasanya setelah melewati beberapa masalah tersebut, kita akan jarang menemukan error kembali pada Eclipse kita. Setelah itu anda bisa memulai untuk membuat aplikasi android dengan menggunakan Eclipse.
Share This Article Facebook +Google Twitter Digg Reddit

1 komentar:

uda ganti path koq msi blm bs ya gan